Tuesday, January 3, 2012

12 Cara Meningkatkan Kinerja Komputer

  Meningkatkan kinerja komputer tidak bisa hanya sekali utak-atik. Namun perlu kerutinan dalam hal tersebut supaya kinerja komputer tetap dalam keadaan baik. Nah, silahkan simak deh, and Do It!

      Rutin tu contohnya seminggu sekali atau tiga hari sekali. Dan ini beberapa tips yang juga saya terapkan di komputer saya.  Silahkan coba deh... 100% work by me ...


Berikut beberapa cara sederhana yang dapat meningkatkan kinerja komputer  :

1. Disk CleanUp*
Membersihkan komputer sobat dari file lama/file yang tidak digunakan. Dapat menggunakan DiskCleanup (software bawaan Windows) lihat disini, atau CCleaner v3.01.1327 (Portable) yang bisa sobat download disini.
.
2. Optimal Startup*
Mempercepat Startup, lihat caranya disini.

3. Analisis File n Folder*
Untuk cara ini kita harus melakukan manual, prinsipnya yaitu menghapus file yang sudah tak terpakai dan menghapus folder yang kosong.

4. Empty Recycle Bin*
Sebagian file yang dihapus hanya akan tersimpan di Recycle Bin. Untuk itu setelah anda memastikan file dan folder tersebut sudah tidak terpakai segera kosongkan Recycle Bin.

5. Shortcut*
Usahakan tidak ada Shortcut di desktop anda apalagi file, karena hal tersebut akan memakan RAM. Jangan khawatir kehilangan software anda, karena software tersebut telah menyiapkan shortcut pada Star Menu.(game dan beberapa software mungkin tidak menyediakan shortcut tersebut,selengkapnya baca disini) Atau sobat dapat membuat Shortcut tanpa harus memakan RAM, baca disini

6. Wallpaper
Sama dengan shortcut wallpaper pada desktop anda sebaiknya tidak terlalu terang atau lebih tepatnya gunakan wallpaper yang gelap(hitam). Karena yang terang(putih) akan memakan RAM lebih banyak.

7. Tema/Theme
Gunakan tema yang tidak terlalu Hi-Tech.

8. Performance
Mengubah perfomance komputer menjadi Adjust for best performance, baca selengkapnya disini.

9. Software
Sebaiknya hanya gunakan satu software untuk menjalankan satu fungsi. Misalnya bila di komputer anda ter-install program Mozilla Firefox, Opera, dan Google Chrome (fungsi sama yaitu browsing internet) sebaiknya gunakan salah satu saja dan uninstall yang lain.

10. RAM(Random Access Memory)
Bila komputer terasa benar-benar lemot ketika menjalankan suatu software, mungkin sudah saatnya menambah RAM, namun anda harus mengeluarkan biaya untuk itu. Mau gratis? bisa kok,baca disini. Dan jangan gunakan software yang membutuhkan specific RAM lebih besar daripada RAM anda.

11. Shutdown
Bila komputer tidak dipakai lama(kira-kira 3-5 jam) usahakan komputer dalam keadaan shutdown. Ingin proses shutdown sobat jadi cepat? baca disini. System Hibernate mungkin membantu, namun system ini juga memakan sebagian memory untuk menyimpan data, sobat juga dapat menghilangkan system ini, baca disini.


12. Bersihkan Registry
File registry diam-diam juga memakan ruang disk, padahal ada beberapa registry yang tidak dipakai atau rusak. Sobat juga dapat mem-repairnya dengan CCleaner, baca disini.

Keterangan : Cara dengan tambahan tanda * berarti perlu dilakukan secara rutin. Kecuali Optimalkan Startup hanya perlu dilakukan / check setiap selesai install program.

Cukup sekian trik dari Alva semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment

Untuk kamu-kamu yang suka dengan artikel atau post saya, silahkan share dimana saja. Namun alangkah baiknya jika mencantumkan link sumber artikel yang anda copas. Budayakan Indonesia berbagi dengan jujur ... :)